Dunia Terus Berubah, Manusia Harus Berubah, Tidak Berubah akan Tertinggal. Transformasi Uni Emirates Arab


Oleh Ade Asep Syarifuddin

SETIAP hari harimau harus berlari sekencang-kencangnya untuk mengejar rusa. Kalau tertinggal dari rusa, hari itu harimau tidak akan mendapatkan sarapan pagi. Sementara rusa pun harus berlari sekencang-kencangnya dari  harimau, karena kalau rusa kalah kencang dari harimau, hari itu rusa akan menjadi santapan harimau dan dicabik-cabik dagingnya.

Kisah di atas berlaku pula kepada manusia. Manusia yang jumlahnya sangat banyak masing-masing harus berlari sekencang-kencangnya. Yang berlari kencang maka akan berhasil mencapai titik tertentu dan bisa menyelamatkan dirinya, keluarganya maupun perusahaan bahkan negaranya. Jika tidak, maka jangan heran bila kondisi yang terjadi bakal sebaliknya. Bisa jadi perusahaannya bangkrut, bisa jadi negaranya tertinggal, bisa jadi dirinya di PHK dll.

Masih ingat kisah Nokia, produsen HP dari Finlandia yang diagung-agungkan saat itu? Namun terlambat melakukan transformasi, akhirnya Nokia tinggal kenangan. Demikian juga dengan Blackberry yang lambat berubah, kini tinggal sisa-sisa barang second yang dijual di lapak-lapak online yang sudah tidak ada lagi barang barunya.Negara yang cepat untuk melakukan transformasi adalah Uni Emirat Arab (UEA). Secara potensi alam mereka kaya minyak namun secara geografis mereka berada di gurun yang tandus. Semakin lama kekayaan yang dimilikinya akan habis seiring dengan habisnya cadangan minyak yang mereka miliki. Namun dua tokoh sentral saat itu Khalifa bin Zayed Al Nahyan dan Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengubah kondisi UEA dari negara penghasil minyak menjadi negara perdagangan dan pariwisata.

Khalifa bin Zayed al Nahyan

Dua tokoh penting pada saat itu, Khalifa bin Zayed Al Nahyan dan Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Khalifa bin Zayed Al Nahyan Lahir pada tanggal 25 januari 1948. Ketika Sheikh Zayed (Ayah Sheikh Khalifa) wafat maka Sheikh Khalifa langsung di angkat untuk menjadi presiden Uni Emirat Arab, itu terjadi pada tanggal 3 November 2004. Sebelum jadi presiden berbagai jabatan strategis telah diembannya.Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum lahir pada 22 Juli 1949 di Dubai, Trucial Serikat. Ia adalah putra ketiga dari empat bersaudara dari Rashid bin Saeed Al Maktoum (1912-7 Oktober 1990, Penguasa Dubai periode 1958-7 Oktober 1990 dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab ke-2 periode 25 April 1979-7 Oktober 1990). Dari usia empat tahun, Sheikh Mohammed mendapatkan tutorial pribadi dalam Bahasa Arab dan Studi Islam. Pada tahun 1955, ia memulai pendidikan formal di Al Ahmedia School. Pada usia 10 tahun, ia pindah ke Al Shaab School dan Dubai Secondary School dua tahun kemudian. Pada tahun 1966, bersama sepupunya, Sheikh Muhammad bin Khalifa Al-Maktoum, dia belajar di Bell Educational Trust’s English Language School di Britania Raya.
 Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Keduanya memodernisasi Uni Emirat Arab. Maskapai terbaik di dunia Fly Emirates (Milik UEA) adalah terbaik ke ke-5 di dunia. Dan Etihad Airways adalah milik Abu Dhabi, maskapai ke-6 terbaik dunia (juga dari UEA). Gedung-gedung tinggi dan pusat perbelanjaan dibangun di sana. Sehingga negara yang awalnya gurun pasir yang tandus disulap menjadi negara wisata yang banyak dikunjungi orang dari berbagai belahan dunia.

Tidak heran kalau 10 tempat wisata di UEA ramai dikunjungi turis dan wisatawan mancanegara. Tempat wisata tersebut adalah, pertama. Burj Al arab. Burj al-Arab adalah hotel prestisius yang letaknya di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan Burj al-Arab, ditukangi oleh Tom Wright, ketinggiannya 321 meter, 66 lantai. Bangunan tertinggi tersebut sepenuhnya digunakan sebagai hotel. Bangunan ini berdiri di sebuah pulau yang direklamasi yang berada 280 m lepas pantai di Teluk Persia. Burj al-Arab dimiliki oleh Jumeirah. Sering disebut sebagai hotel bintang 7. Hal ini dianggap wow oleh orang-orang di bidang pariwisata. Ini juga satu cara "mengalahkan" hotel-hotel lain yang menyebut hotelnya bintang 6.

Burj Al arab
Kedua, Dune Bashing atau Desert Safari. Desert Safari adalah tempat yang wajib dikunjungi dan diujicoba oleh anak muda yang bernyali tinggi untuk menikmati hari hari dengan menaiki SUV beroda empat di Track berpasir. Sopir di sini harus memiliki teknik melaju di pasir.

 Desert Safari
Ketiga Jumeirah Beach. Ini adalah Pantai Jumeirah paling terkenal di Dubai. Pantai yang membentang sampai 7 Km, dibagi menjadi tujuh Pantai. Dua Pantai menyatu di masing-masing Jumeirah Park, dan Wild Wadi.

Jumeirah Beach

Keempat, Burj Khalifa. Ini contoh arsitektur tertinggi dan paling amazing. Menara, tinggi 153 Lantai menyentuh langit di kota Dubai. Bangunan ini termasuk Bagian dari Hotel, Ruang kantor, Hunian Apartemen dengan semua fasilitas kemewahan.

Burj Khalifa
Kelima. Wild Wadi. Adalah Water Park yang di pantai Jumeirah. Pantai ini untuk taman bermain air. Water Park ini memberikan Anda menikmati waktu luang untuk bertamasya air. Terutama Anak-anak bisa pasti sangat suka dengan model wisata seperti ini.

Keenam, Dubai Marina. Dubai Marina merupakan sebuah distrik di jantung kota yang telah dikenal sebagai 'Dubai baru'. Ini adalah salah satu kota model terbaik di dunia. Tahap pertama telah selesai dan berikutnya sedang dalam pembangunan. Setelah tahap tersebut selesai, akan menjadi distrik yang paling maju di negara bagian Dubai.

 Dubai Marina
Ketujuh, Dubai Gold Souk. Ini adalah pasar Emas yang paling terkenal di dunia. Kota ini disebut "Tanah Emas". Toko-toko emas berbaris di mana Anda bisa mendapatkan berbagai emas dalam berbagai mutu karat. Ibu-ibu pasti suka dengan toko-toko di sini. Tinggal menyiapkan dompet yang tebal, pulang ke rumah sudah memiliki toko emas sendiri.

 Dubai Gold Souk
Kedelapan, Mall of the Emirates. Mall of the Emirates adalah sebuah pusat perbelanjaan di Dubai. Mall of the Emirat adalah mall terbesar kedua di Timur Tengah. Mall Ini berisi pertokoan dengan luas 2.400.000 meter persegi.

Mall of the Emirates
Kesembilan, Palm Jumeirah. Palm Jumeirah memiliki segala yang dibutuhkan untuk menikmati liburan yang luar biasa. Termasuk di dalamnya adalah nama-nama hotel terkenal di dunia, tempat-tempat wisata yang menakjubkan, fashion mewah dan pusat perbelanjaan.

Palm Jumeirah
Kesepuluh, Dubai Mall. Dubai Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan luas. Mal ini merupakan bagian dari kompleks Burj Khalifa. Bahkan memiliki akuarium besar di dalamnya.

Dubai Mall
Bonus Untuk Anda Jika Anda Akan Lama Berada di Kota Dubai Tidak Ada Salahnya Mengunjungi Hotel Atlantis. Atlantis, The Palm merupakan sebuah resor yang akan dibangun di Palm Jumeirah di Dubai, Uni Emirat Arab. Merupakan kerjasama antara Kerzner International Limited dan Istithmar PSJC dan dijadwalkan selesai bulan November 2008.

Transformasi yang luar biasa, dicetuskan oleh tokoh-tokoh yang luar biasa. Walaupun mereka lulusan sekolah di luar negeri, namun mereka tidak begitu saja menjual negaranya untuk kepentingan luar negeri. Mereka masih memiliki nasionalisme bahkan merangkul negara-negara sekitarnya untuk bersatu dan membuat sesuatu yang baru dari kebersamaan tersebut, sehingga lahirlah Uni Emirates Arab (UEA) yang menjadi negara penting di dunia saat ini.

Semua itu berawal dari ide perubahan. Mereka sadar sesadar-sadarnya, kekayaan minyak yang mereka miliki adalah kekuatan ekonomi mereka, tapi mereka juga tahu bahwa kekayaan minyak tersebut akan menjadi arena perselisihan negara-negara maju untuk mencaplok mereka. Daripada jadi bulan-bulanan menjadi negara yang sewaktu-waktu bisa dicaplok dengan berbagai alasan, mereka melakukan transformasi, mereka mengubah diri dan posisi mereka sekarang ini jauh lebih terhormat dan sejajar dengan negara-negara maju lainnya. Masihkah kita berpikir untuk tidak berubah? Jangan sampai tergusur oleh perubahan. Reborn adalah kita mengubah diri sebelum diubah oleh orang lain. Sementara ketika orang lain yang mengubah kita, sama saja dengan kebangkrutan. Mau pilih yang mana kita? (*)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Post a Comment